Ia Komentar Wasit Australia yang akan Pimpin Liga 1

Dalam wacana berita bola dunia kami hari ini di kabarkan bahwa wasit asing dari Australia dan Kyrgystan yang didatangkan Persatuan Sepak Bola Meminta Indonesia (PSSI) mengucapkan siap memimpin jalannya perlombaan Liga 1 minggu ke-18. Salah satu wasit asing hal yang demikian, Shaun Robert Evans asal Australia yang berprofesi di Liga Australia A-League, mengucapkan mereka akan memperlihatkan standar terbaik dalam bertugas. “Dikala datang ke sini untuk membantu dan memantapkan standar tertinggi seperti yang kami lakukan di A-League di sepak bola Indonesia. Kami pasti akan melaksanakan yang terbaik dan menjadi teladan yang baik bagi liga teratas di Indonesia,” ujar Shaun, dikutip dari laman legal PSSI di Jakarta, Kamis (3/8).

Sua melanjutkan, dirinya dan rekan telah memantau persepakbolaan Indonesia dari info dan video perlombaan terkini. Shaun malahan menyadari keadaannya tak akan sama dengan yang awam mereka hadapi di negaranya. “Kami sadar bagaimana tensi dan tekanan yang diberi kepada wasit sedikit berbeda dari A-League, namun kami akan selalu konsentrasi dan berprofesi keras dalam membuat keputusan di perlombaan” tutur Shaun. Salah satu hal yang menjadi perhatian para wasit asing hal yang demikian merupakan suasana perlombaan yang bisa saja kacau ketika ada hal-hal tak diinginkan terjadi di lapangan sepak bola.

Oleh karena itu, keenam wasit hal yang demikian akan berupaya membuat kebijakan-kebijakan yang adil, berupaya menenangkan kondisi perlombaan sembari memastikan permainan tetap berjalan menarik. “Kami akan melaksanakan pendekatan berupa sikap tubuh dan isyarat tangan yang tegas dan menerapkan sikap yang gampang dipahami segala pemain sepakbola di segala dunia. Intinya gunakan banyak bahasa tubuh untuk mengekspresikan sikap sebagai pengadil. Kami juga belajar beberapa dasar di bahasa Indonesia seperti ‘ya’ atau ‘tak’,” kata Shaun.

Sua malahan berkeinginan apa yang mereka lakukan nantinya bsia menjadi teladan bagi wasit-wasit lain di Indonesia. “Kami akan berbagi ilmu yang berbeda menurut pengalaman kami. Kami juga amat bahagia bisa memperdengarkan masukan dan saran tentang sepak bola Indonesia,” tutur ia. Seperti diinfokan sebelumnya, PSSI mendatangkan tiga wasit Australia dan tiga wasit Kyrgyzstan sebagai bagian dari usaha untuk meningkatkan kwalitas Liga 1. Keenam wasit itu akan bertugas pada periode pertama penugasan wasit asing, dari tiga periode yang direncanakan, dengan masa tugas sampai tanggal 15 Agustus 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *