Manajer Persib tidak Sepakat Liga 1 Gunakan Wasit Asing

Dalam wacana seputar berita bola dunia kami kali ini dikabarkan bahwa Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar memberi rekomendasi terhadap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) agar tetap memercayakan tugas wasit terhadap orang Indonesia untuk Liga 1. Umuh merasa wacana mengaplikasikan wasit asing kurang ideal karena akan memperburuk citra sepak bola Indonesia di mata dunia. “Apabila sepak bola Indonesia pakai wasit asing, akan mempermalukan nama negara kita juga, itu namanya telah tidak percaya lagi dengan orang Indonesia sendiri, hancur nanti sepak bola Indonesia,” kata Umuh, terhadap informasi sepak bola online┬áRabu (12/7).

Berdasarkan pria yang akrab disapa Haji Umuh ini, PSSI dan PT LIB cuma semestinya tegas dalam membersihkan sepak bola Indonesia dari wasit-wasit yang tidak kredibel. Umuh percaya masih banyak wasit-wasit asal Indonesia yang punya kapasitas mumpuni untuk menjadi perangkat lomba Liga Indonesia. Umuh mengakui ada sebagian wasit yang masih sulit diandalkan karena gampang diberi pengaruh pihak-pihak yang tidak berkeinginan sepak bola Indonesia maju. PSSI dan PT LIB, kata Umuh, sebaiknya tidak lagi mengaplikasikan wasit-wasit yang telah banyak merugikan klub-klub Indonesia dan persepakbolaan Indoneaia sendiri.

Melainkan bila PSSI dan PT LIB mendatangkan pihak asing untuk pendidikan wasit, Umuh amat sepakat. “Pengajaran wasit kita benahi. Apabila untuk pendidikan boleh kita datangkan dari luar negeri. Apabila pakai wasit asing nama bangsa Indonesia berkeinginan digimanakan” ujar Umuh. Umuh masih jengkel performa wasit Kusni Samarinda yang memimpin lomba antara Madura United melawan Persib akhir minggu lalu. Persib merasa dirugikan oleh wasit Kusni karena dua gol Persib dianulir dan dua gol MU diukur ada indikasi pelanggaran dan offside.

Berdasarkan Umuh, perbuatan Kusni di Stadion Gelora Ratu Pamelingan akhir minggu lalu akan jadi preseden buruk buat sepak bola Indonesia. Umuh tidak cuma jengkel karena timnya dirugikan pada lomba hal yang demikian. Melainkan untuk skala lebih besar, Umuh merasa Kusni juga akan mencoreng nama baik PSSI sebagai organisasi induk sepak bola nasional. Sekian wacana sepak bola online hari ini kami sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *